Bangunan Kantor Presiden di IKN Selesai, 4.650 Bilah Sayap Burung Garuda Terpasang

Jelajah Ekonomi Infrastruktur Berkelanjutan - Kontan
Ilustrasi. Suasana pembangunan Istana Negara di kawasan Ibukota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jum'at (12/07/2024). KONTAN/Hendra Suhara Selasa, 23 Juli 2024 | 16:10 WIB

Reporter: Vendy Yhulia Susanto

Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian PUPR telah menyelesaikan pemasangan bilah sayap burung garuda kantor presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini merupakan bagian dari penyelesaian akhir gedung Kantor Presiden di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) IKN. 

"Pemasangan bilah terakhir dan tertinggi (topping off) di Sayap Barat Selubung Garuda telah dituntaskan dengan pemasangan bilah ke 4650," ujar Juru Bicara Otorita IKN Troy Pantouw, Senin (22/7).

Pemasangan turut disaksikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (sekaligus Plt Kepala Otorita IKN) dan Nyoman Nuarta, perupa yang merancang dan membuat bilah-bilah tembaga pembentuk Sayap Garuda.

Baca Juga: Taksi Terbang IKN Buatan Hyundai Diuji 29 Juli 2024, Cek Spesifikasinya

Sebelumnya pemasangan bilah perdana dilakukan pada 17 September 2023 oleh Presiden Joko Widodo.

Seperti diketahui, Burung Garuda Raksasa itu dirancang dengan bentangan sayap sepanjang 177 meter dan menjulang setinggi 77 meter. 

Sementara itu, bilah-bilah yang menyelubunginya terbuat dari baja antikorosi produksi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, meliputi 465 modul, dengan 10 bilah setiap modulnya. 

Nyoman Nuarta, perupa yang merancang dan membuat bilah-bilah tembaga pembentuk Sayap Garuda, mengatakan, bilah-bilah selubung Burung Garuda itu dikerjakan di bengkel kerja (workshop) miliknya, NuArt, yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Kemudian dirakit di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dan selanjutnya dipasang di lokasi proyek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Jelajah Ekonomi Infrastruktur Berkelanjutan
Didukung oleh:
Barito Renewble
Pertamina
PLN
KB Bank
Mayapada
BNI
Rukun Raharja
Kementerian PUPR
Bank Syariah Indonesia
Bank BRI
Bank Mandiri
J Trust Bank
Official Airlines:
Barito Renewble