Beroperasi September, Bandara Singkawang Bakal Kerek Ekonomi Daerah

Beroperasi September, Bandara Singkawang Bakal Kerek Ekonomi Daerah
Ilustrasi. Bandara Singkawang ditargetkan beroperasi minimal pada September 2024 mendatang. Kamis, 15 Agustus 2024 | 17:11 WIB

Reporter: Arif Ferdianto

Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - SINGKAWANG. Bandara Singkawang ditargetkan beroperasi minimal pada September 2024 mendatang. Kehadiran Bandara Singkawang diyakini bakal mendongkrak ekonomi Kota Singkawang. 

Kepala Satuan Pelaksana Bandar Udara Singkawang Djarot Nugroho mengatakan, kehadiran Bandara Singkawang menjawab kebutuhan masyarakat untuk akses transportasi udara dari dan ke Kota Singkawang cukup tinggi.

Memang selama ini, akses transportasi udara masyarakat Singkawang masih melalui Bandara Supadio, Pontianak.

"Kami mencoba untuk melakukan percepatan, semakin cepat semakin bagus. September sebenarnya sudah bisa operasional. Masyarakat Singkawang bisa menikmati transportasi udara. Jadi tidak harus lagi menempuh perjalanan (darat) tiga jam (ke Pontianak," kata Djarot dalam wawancara ekslusif bersama KONTAN.

Selain membantu akses masyarakat, kehadiran Bandara Singkawang diyakini bakal ikut mendorong perekonomian daerah.

"Antusias masyarakat besar sekali. Saya yakin Singkawang bisa (menjadi kota) besar. Potensi Singkawang tidak hanya wisata alam, terdapat juga wisata religi dan festival kebudayaan. Wisatawan yang datang biasanya tidak hanya domestik tapi juga wisatawan mancanegara," jelas Djarot.

Baca Juga: Pariwisata Lesu, Asita Kalbar Berharap Industri Penerbangan Tumbuh

Ketua Tim CSR Bandara Singkawang, Tjhai Chui Mie menjelaskan, operasi secara minimal tersebut misalnya hanya dengan melayani 1-2 penerbangan tujuan Singkawang – Jakarta dan sebaliknya.

Lebih lanjut, Tjhai yang juga merupakan Walikota Singkawang Periode 2017-2022 menambahkan, ketika bandara Singkawang secara efektif beroperasi secara penuh, tentunya pariwisata kebanggaan kota seribu klenteng ini pun bakal terangkat. Dengan demikian, perekonomian juga akan tumbuh dan berdampak kepada masyarakat.

Dia menyebutkan beberapa daya tarik wisatawan yang ada di Kota Singkawang mulai dari kuliner khas hingga festival budaya seperti Cap Gomeh, Ceng Beng, Gawe Dayak, dan lain sebagainya. Selain itu ada pula wisata alam pegunungan serta pantai tersaji di kota ini.

“Harapan kita, Bandara Kota Singkawang bisa bekerja sama dengan Menteri Pariwisata, untuk bisa mempromosikan kepada mancanegara untuk datang ke Singkawang,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Jelajah Ekonomi Infrastruktur Berkelanjutan
Didukung oleh:
Barito Renewble
Pertamina
PLN
KB Bank
Mayapada
BNI
Rukun Raharja
Kementerian PUPR
Bank Syariah Indonesia
Bank BRI
Bank Mandiri
J Trust Bank
Official Airlines:
Barito Renewble