Punya Alat Lengkap dan Canggih, RSUD Konawe Jadi Andalan Masyarakat Konawe

Punya Alat Lengkap dan Canggih, RSUD Konawe Jadi Andalan Masyarakat Konawe
Ilustrasi. Fasiitas CT Scan di BLUD RS Konawe, Sulawesi Tenggara (10/9/2024). Selasa, 17 September 2024 | 19:22 WIB

Reporter: Akmalal Hamdhi

Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID – KONAWE. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konawe memiliki peranan penting bagi pelayanan kesehatan di Kabupaten Konawe dan sekitarnya. Kelengkapan alat kesehatan dan pelayanannya menjadi andalan bagi masyarakat Konawe, Sulawesi Tenggara.

Direktur BLUD RS Konawe Abdul Rahman Matta mengungkapkan, RSUD Konawe memang telah menjadi kepercayaan bagi masyarakat kabupaten Konawe.  Hal itu karena sarana dan prasarana cukup lengkap dan canggih untuk melayani berbagai keluhan kesehatan masyarakat Konawe.

Bahkan, RSUD Konawe menjadi rumah sakit rujukan regional yang melayani empat kabupaten sekitar yakni Kolaka Timur, Konawe Selatan, Konawe Utara dan Konawe. Selain dari rujukan rumah sakit, RSUD Konawe juga menerima rujukan pasien dari 29 puskesmas yang berada di Kabupaten Konawe.

Rujukan regional ini menunjukan bahwa RSUD Konawe bisa dibilang kualitasnya setara dengan rumah sakit provinsi. Adapun RSUD Konawe merupakan rumah sakit tipe C dan mendapatkan akreditasi sebagai RS Bintang Lima atau setara tingkat Paripurna.

Abdul Rahman atau akrab dengan sapaan Dokter Boby mengatakan, saat ini RSUD Konawe memiliki sekitar 204 kamar tidur. Sementara itu, tingkat keterisian RSUD Konawe terbilang tinggi yang diklaim mencapai 80%.

Adapun RSUD yang dikelola melalui skema Badan Layanan Umum (BLU) ini memilki enam gedung utama dan tiga gedung penunjang. Gedung A berfungsi untuk tempat Instalasi Gawat Darurat (IGD), kebidanan, poli dan bedah sentral.

Baca Juga: RSUD Konawe, Sulawesi Tenggara, Jadi Kebanggaan Masyarakat

Sementara itu, Gedung B berfungsi untuk poli klinik dan rekam medik. Gedung C berfungsi untuk laboratorium, radiologi dan medical check-up. Kemudian, Gedung D berfungsi untuk apotek dan ruang rawat inap. Sedangkan, Gedung E dan F semuanya khusus diperuntukkan untuk rawat inap pasien.

‘’Memang juga ada beberapa pasien yang dirujuk dari kabupaten sebelah seperti Kolaka Timur. Karena memang kami memiliki beberapa prasarana yang bisa diandalkan seperti unit cuci darah atau hemodialisa, dan kami juga memiliki pemeriksaan CT Scan,’’ ujar dokter Boby saat diwawancarai Kontan.co.id, Selasa (10/9).

Dokter Boby menambahkan, fasilitas layanan kesehatan di RSUD Konawe pun kian lengkap usai dikunjungi oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada 14 Mei 2024 lalu. Selain agenda berkunjung, Jokowi turut mengirimkan alat kesehatan yakni cath lab, CT Scan, mammogram, serta beberapa peralatan terkait kesehatan ibu dan anak.

Ke depan, Boby berharap adanya tambahan ruang rawat inap dan tempat tidur di RSUD Konawe. Hal itu karena tingkat keterisian RSUD Konawe cukup tinggi pada waktu-waktu tertentu yang seringkali membuat pasien harus menunggu bergantian untuk mengisi kamar.

"Kami mengharapkan tambahan dari ruang rawat inap tersebut. Selain itu, kami menghimbau masyarakat untuk lebih baik mencegah daripada mengobati. Kalaupun memang terpapar sakit, maka diharapkan untuk segera ke fasilitas kesehatan terdekat,’’ imbuh Boby.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Jelajah Ekonomi Infrastruktur Berkelanjutan
Didukung oleh:
Barito Renewble
Pertamina
PLN
KB Bank
Mayapada
BNI
Rukun Raharja
Kementerian PUPR
Bank Syariah Indonesia
Bank BRI
Bank Mandiri
J Trust Bank
Official Airlines:
Barito Renewble