Berkah Devisa Bagi Warga Desa Meunasah Asan Aceh Timur dari Umpan Pemancing Tuna

Jelajah Ekonomi Desa - Kontan
Ilustrasi. Suasana Tambak Bandeng di Desa Meunasah Asan, Aceh Timur, Nangroe Aceh Darussalam (3/5/2023). KONTAN/Hendra Suhara Sabtu, 27 Mei 2023 | 22:43 WIB

Reporter: Asnil Bambani Amri, Dimas Andi

Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - ACEH TIMUR. SAAT matahari masih malu-malu menampakkan dirinya di ufuk timur, Muhammad Yusuf sudah pergi ke tambak bandeng di Desa Meunasah Asan, Aceh Timur. Bersama sejumlah rekannya, ia menyiapkan jala, karung, boks, hingga es. Tak lupa, perahu motor dipanaskan demi memperlancar proses angkut panen ikan.

Pagi itu, Yusuf dan rekannya dari kelompok petani tambak Bina Sejahtera Insani hendak memanen ikan bandeng ukuran kecil yang disiapkan untuk ekspor. Mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) itu rela bermandi lumpur saat menggiring kawanan bandeng ke jala ke ujung tambak. Sebagian rekannya menyerok ikan dan mengangkutnya ke darat.

Berbeda dengan panen bandeng pada umumnya. Ikan bandeng yang dipanen berukuran kecil-kecil dengan maksimal berat 500 gram. Ikan ini akan dijadikan umpan pancing tuna di negara tujuan ekspor, yakni Korea Selatan dan Jepang.

Sebelum ekspor, bandeng dikumpulkan ke dalam boks berisi es di tempat penampungan ikan (TPI) supaya tetap segar. Di sana, sebuah truk akan mengangkutnya ke cold storage milik PT Yakin Pasifik Tuna di Banda Aceh. Setelah terkumpul banyak, barulah diekspor dari kota Banda Aceh.

Ekspor bandeng dari Desa Meunasah Asan sudah dilakukan sejak tahun 2022. Agar bisa ekspor, petambak menggunakan jasa penghubung PT Yakin Pasifik Tuna.

Selama ini, pesisir Aceh lebih banyak budidaya vaname, tetapi modal usahanya lebih mahal sehingga menyulitkan petambak kecil. "Modal untuk budidaya bandeng juga lebih murah, jadi ini cocok untuk masyarakat kecil di pesisir Aceh," Almer Hafiz, Direktur Yakin Pasifik Tuna saat wawancara dengan KONTAN TV, Jumat (5/5).

Dari sisi produksi juga demikian, modal produksi bandeng untuk umpan pancing hanya Rp 7.000-Rp 10.000 per kilogram. Sedangkan, produksi bandeng ukuran besar butuh biaya Rp 14.000-Rp 17.000 per kilogram. Dari sisi waktu, budidaya bandeng untuk umpan pancing tuna bisa lebih cepat, sehingga panen bisa tiga kali setahun atau lebih sering dari bandeng konsumsi yang hanya sekali atau dua kali.

Ekspor ratusan juta

Sejatinya, Desa Meunasah Asan diberi target ekspor 25 ton bandeng per bulan atau setahun 300 ton. Namun tahun 2022, ekspor baru terealisasi 40 ton atau masih jauh di bawah target. Maklum, kelompok Bina Sejahtera Insani masih tahap belajar dan kondisi infrastruktur pendukung desa belum memadai. Sehingga ekspor secara bertahap. "Target kami panen bisa tiga kali dalam setahun," kata Muzakkir, ketua kelompok tani Bina Sejahtera Insani.

Adapun pendapatan yang telah diraih kelompok tani mencapai Rp 400 juta. Sebesar 70% di antaranya dibagi ke anggota kelompok, sisanya dijadikan modal usaha kelompok. "Kami juga bikin usaha jasa transportasi kapal dan perdagangan pakan," tambah Muzakkir.

Terkait peluang ekspor, Almer bilang masih terbuka lebar. Selama ini, pasar yang baru tergarap adalah Korea Selatan dan Jepang. Adapun negara yang mengajukan permintaan bandeng yang sama adalah Taiwan. Tak hanya itu, Almer berusaha membuka pasar bandeng konsumsi. "Kami baru kirim sampel," kata Almer.

Namun Baktiar, Kepala Desa Meunasah Asan bilang, kendala produksi bandeng di desa mereka terkendala infrastruktur jalan yang rusak, serta minimnya kelistrikan. "Jika akses jalan ke tambak lancar, biaya transportasi bisa kami pangkas," kata Baktiar yang berharap ada bantuan jalan dan kelistrikan di desanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag

Berita Terkait

Jelajah Ekonomi Desa Kontan
Didukung oleh:
BRI
OJK
Barito Pacifik
Bukopin
PLN
BNI
Rukun Raharja
BSI
Cimb Niaga
Telkom
Telkom
XL Axiata
Mandiri
logo astragraphia
logo modalku
tokio marine