Desa Panjalu: Memupuk Berkah dari Para Peziarah

Jelajah Ekonomi Desa - Kontan
Ilustrasi. Jumat, 17 Maret 2023 | 20:05 WIB

Reporter: Khomarul Hidayat

Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nama Desa Panjalu di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai menjadi perhatian karena bisa merangsek masuk kategori desa mandiri papan atas. Desa Panjalu mencatat skor Indeks Desa Membangun (IDM) 0,985 di tahun 2022, tertinggi secara nasional bersama dengan 4 desa lain di Indonesia.

Kunci Desa Panjalu bisa menyodok menjadi desa mandiri dengan peringkat tertinggi adalah karena kemampuannya memaksimalkan potensi desa. Dalam dua tahun terakhir, desa ini giat berbenah dan hasilnya pun mulai terlihat.

Potensi terbesar Desa Panjalu adalah Keberadaan Situ Lengkong. Di kawasan Situ Lengkong nan elok ini terdapat makam penyebar Islam di tanah Sunda, Prabu Hariang Kencana.

Tempat ini menjadi magnet wisatawan terutama para peziarah lokal, nusantara bahkan dari beberapa negara. Tak hanya tempatnya yang sejuk karena lokasinya yang berada di ketinggian 730 meter di atas permukaan laut. Dari sini pula, ekonomi Desa Panjalu berdetak dan menjadi sumber pendapatan penting desa ini. Pendapatan Asli Desa (PAD) Desa Panjalu mayoritas dari Situ Lengkong.

Pendapatan ini yang kemudian dimaksimalkan untuk membenahi Desa Panjalu. Mulai dari pelayanan publik, pelayanan kesehatan hingga infrastruktur desa. Pembenahan belum usai, karena Desa Panjalu masih memiliki mimpi tinggi yang akan dikejar. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Jelajah Ekonomi Desa Kontan
Didukung oleh:
BRI
OJK
Barito Pacifik
Bukopin
PLN
BNI
Rukun Raharja
BSI
Cimb Niaga
Telkom
Telkom
XL Axiata
Mandiri
logo astragraphia
logo modalku
tokio marine