Kontan Menggelar KKN di Desa Wonoagung

Jelajah Ekonomi Desa - Kontan
Ilustrasi. Gapura Desa Wonoagung di Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Rabu, 05 Juli 2023 | 14:56 WIB

Reporter: Lidya Yuniartha, Wahyu Tri Rahmawati

Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - MALANG. Media ekonomi dan bisnis Kontan kembali menggelar KKN (Kontan Kerja Nyata) ketiga tahun ini. KKN yang merupakan pelatihan berjalan seiring dengan Jelajah Ekonomi Desa tahun 2023.

Setelah Desa Genteng Kulon, Kabupaten Banyuwangi dan Desa Sekapuk, Kabupaten Gresik, kali ini Kontan menggelar KKN di Desa Wonoagung, Kecatan Kasembon, Kabupaten Malang. Pada KKN yang berlangsung pada Rabu (5/7), Kontan mengambil topik Social Media Management.

"Untuk memilih topik, prosesnya adalah kami berdiskusi dengan kepala desa yang kita tuju, kami cari problem dan kebutuhannya apa," kata Andri Indradie, Marketing Manager Kontan, Rabu (5/7).

Pelatihan Kontan Kerja Nyata di Desa Wonoagung

Baca Juga: Merawat Bumi Berbuah Keluarga Sejahtera dengan Budidaya Bambu

Andri menambahkan target KKN ini agar peserta mampu meningkatkan taraf kehidupan yang lebih baik, memgembangkan potensi bisnis, melebarkan sayap pasar, terutama mampu berkontribusi terhadap ekonomi desa.

KKN diikuti oleh 56 peserta yang berasal dari Wonoagung dan sekitarnya. Sejumlah mahasiswa kuliah kerja nyata di Wonoagung juga turut meramaikan pelatihan media sosial.

Kepala Desa Wonoagung Edy Istiyono mengatakan, kehadian KKN Kontan akan menambah wawasan bagi desa Wonoagung, khususnya warga Wonoagung, untuk bisa lebih maju.

"Mungkin yang sebelumnya kita biasa-biasa saja, setelah Kontan hadir di sini, kita akan menjadi luar biasa. Ini harapan dari kami. Mudah-mudahan bisa. kita bisa karena kita bersatu. Tanpa kita bersatu maka kita akan sulit untuk mencapai suatu tujuan. Ini salah satu slogan dari desa Wonoagung," kata Edy.

Camat Kasembon Daniel Wicaksana berharap, apa yang dilakukan saat ini bisa berdampak bisa mengembangkan UMKM termasuk pelakunya. Jadi dengan adanya kegiatan semacam ini semakin memotivasi pelaku umkm sekaligus mendobrak wisata yang ada di wilayah Kecamatan Kasembon.

"Sehingga ke depannya ini bisa memajukan ekonomi masyarakat Kasembon pada umumnya, khususnya di Desa Wonoagung, kata Daniel.

Andri menambahkan, Kontan juga tengah menimbang rencana KKN selanjutnya. " Untuk rencana tahun depan meski belum resmi, ada rencana untuk bikin Jelajah Bahari yang fokus pada tol laut dan infrastruktur laut," pungkas Andri.

Baca Juga: Berkah Pandemi, Desa Wonoagung Mengembangkan Agrowisata Petik Jeruk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Jelajah Ekonomi Desa Kontan
Didukung oleh:
BRI
OJK
Barito Pacifik
Bukopin
PLN
BNI
Rukun Raharja
BSI
Cimb Niaga
Telkom
Telkom
XL Axiata
Mandiri
logo astragraphia
logo modalku
tokio marine