Antisipasi Pandemi Baru, Ini Persiapan Sarana Meditama (SAME) dan Primaya (PRAY)

Antisipasi Pandemi Baru, Ini Persiapan Sarana Meditama (SAME) dan Primaya (PRAY)
Ilustrasi. Suasana ruang tunggu pasien di rumah sakit Primaya Bekasi. KONTAN/Cheppy A. Muchlis Senin, 16 September 2024 | 16:24 WIB

Reporter: Akmalal Hamdhi

Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Emiten rumah sakit swasta telah menyiapkan langkah mitigasi apabila adanya ancaman pandemi baru (new pandemic). Peristiwa covid-19 menjadi pelajaran berharga bagi rumah sakit untuk memperkuat pelayanan kesehatan hadapi wabah penyakit dalam skala besar.

Misalnya. PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) yang bersiap menghadapi ancaman pandemi melalui Tim Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) di EMC Healthcare. Jika diperlukan, Tim PPI EMC Healthcare tersebut akan melakukan peninjauan kondisi, mengeluarkan protokol kesehatan dan mitigasi tertentu.

Sekretaris Perusahaan SAME, Rahmiyati Yahya mengungkapkan bahwa langkah-langkah mitigasi pandemi baru telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir oleh EMC Healthcare. Dimana, EMC Healthcare telah melakukan penambahan dan pengembangan center of excellences (CoE), tenaga kesehatan (nakes) dan dokter-dokter spesialis, serta berbagai fasilitas medis.

Baca Juga: Infrastruktur Kesehatan Dipacu, Agar Tak Tumbang Jika Ada Pandemi Baru

Dengan berbagai upaya tersebut, SAME sudah lebih siap dalam menghadapi ancaman pandemi baru seperti kasus cacar monyet atau Monkey Pox (Mpox) baru-baru ini. SAME berharap penyebaran virus Mpox tidak melonjak signifikan, namun tetap siap apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Jika memang terjadi new pandemic akibat Mpox, kami siap memberikan pelayanan dengan fasilitas kesehatan dan tenaga medis yang dimiliki saat ini,” jelas Rahmiyati kepada Kontan.co.id, pekan lalu.

Direktur dan CEO PT Famon Awal Bros Sedaya Tbk (PRAY) Leona A Karnali, turut menyampaikan bahwa rumah sakit Primaya juga telah mempersiapkan langkah mitigasi dalam menghadapi potensi pandemi baru. Misalnya seperti menyiapkan ruang-ruang isolasi sesuai kebijakan yang diatur Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

‘’Kami juga selalu memberikan perhatian khusus terhadap kontrol infeksi, pemisahan ruang/alur, penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), serta menerapkan kebiasaan cuci tangan yang menjadi kebiasaan dalam bekerja sehari-hari,’’ ucap Leona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Jelajah Ekonomi Infrastruktur Berkelanjutan
Didukung oleh:
Barito Renewble
Pertamina
PLN
KB Bank
Mayapada
BNI
Rukun Raharja
Kementerian PUPR
Bank Syariah Indonesia
Bank BRI
Bank Mandiri
J Trust Bank
Official Airlines:
Barito Renewble