Kebun Pak Inggih Jadi Andalan Wisata Kedua Desa Sekapuk

Jelajah Ekonomi Desa - Kontan
Ilustrasi. Kebun Pak Inggih,?Desa Sekapuk di Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, provinsi Jawa Timur Selasa, 16 Mei 2023 | 09:20 WIB

Reporter: Noverius Laoli

Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  SEKAPUK. Desa Sekapuk di Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, provinsi Jawa Timur terus berbenah. Setelah berhasil mengembangkan kawasan wisata Setigi, kini Desa Sekapuk tengah mengembangkan daerah wisata kedua yakni Kebun Pak Inggih (KPI).

Kebun Pak Inggih ini, bukanlah nama orang, tapi lebih pada istilah petinggi. Bisa dikatakan Kebun Pak Inggih ini merupakan kebun kepala desa atau petinggi desa. 

Tempat wisata yang luasnay mencapai 2,5 hektare ini sudah mulai beroperasi sejak 2020 di bawah kepemimpinan Kepala Desa Abdul Halim. Tempat wisata berbasis pertanian ini dibagun untuk membuat daerah tambang batu kapur ini menjadi lebih asri. 

Baca Juga: Pelancong Desa Wisata Berdatangan Kembali

Tentu saja tidak sembarangan tanaman yang ditanam di sini. Lebih banyak tanaman buah-buahan yang dipilih untuk menghiasi Kebun Pak Inggih. 

KPI ini nantinya menjadi andalan penambahan pendapatan Desa Sekapuk. Apalagi saat ini warga yang datang masih lebih banyak mengenal tempat penginapannya daripada unsur wisatanya.

Tempat penginapan ini tersedia 17 Cottage Nusantara yang unik berbentuk segitiga dan dilengkapi dengan pendingin ruangan.

Baca Juga: Desa wisata terpaksa tutup dan alami kerugian akibat corona

Kepala Desa Sekapuk, Ujungpangkah, Gresik, Abdul Halim  kepada tim KONTAN di kantornya, Senin (15/5( mengatakan bahwa proses pembangunan KPI ini masih berlangsung.

Ia berharap pembangunan KPI ini dapat menambah pendapatan desa sehingga bisa membuka lowongan pekerjaan bagi warga desa Sekapuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Jelajah Ekonomi Desa Kontan
Didukung oleh:
BRI
OJK
Barito Pacifik
Bukopin
PLN
BNI
Rukun Raharja
BSI
Cimb Niaga
Telkom
Telkom
XL Axiata
Mandiri
logo astragraphia
logo modalku
tokio marine