Terbuai Nikmat Sinonggi, Makanan Khas Suku Tolaki di Galu Resto Konawe Sultra

Jelajah Ekonomi Infrastruktur Berkelanjutan - Kontan
Ilustrasi. Terbuai Nikmat Sinonggi, Makanan Khas Suku Tolaki di Galu Resto Konawe Sultra Minggu, 15 September 2024 | 06:10 WIB

Reporter: Dadan M. Ramdan

Editor: Adi Wikanto

KONAWE. Bagi pecinta kuliner yang sedang berada ke Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, kudu menjajal Galu Resto. Pengunjung bisa menikmati sejuknya semilir angin dan pemandangan asri persawahan, seraya menikmati suguhan menu tradisional. 

Galu Resto menawarkan pengalaman kuliner yang menggoda selera dan juga meresap ke dalam indera. Galu Resto terletak di Kecamatan Wawotobi, berhasil memadukan budaya lokal yang kuat dengan pesona alam bernuansa tradisional yang menakjubkan. 

Letaknya pun cukup strategis di pusat Kecamatan Wawotobi, kurang lebih lima menit dari pusat Kota Unaaha. Akses jalan juga cukup baik bisa dilalui oleh semua jenis kendaraan.

Dengan arsitektur yang menggabungkan elemen-elemen tradisional khas Sulawesi Tenggara. Tak pelak, mencuri perhatian para pengunjung, terutama di malam hari. 

Sejumlah gazebo dengan atap ilalang yang tertata rapi serta tiang-tiang kayu yang dihias dengan dekorasi etnik. Tentu saja, daya tarik lainnya adalah menu makanan di Galu Resto. Dengan hidangan tradisional khas Sulawesi Tenggara, seperti hidangan khas Sinonggi Tawaloho.

Sinonggi adalah makanan khas bagi Tolaki, salah satu Suku yang ada di Sulawesi Tenggara. Suku Tolaki berasal dari Kerajaan Konawe yang sekarang berada di sekitar daerah Kabupaten Konawe dan Kendari.  

Pada awalnya sinonggi berasal dari pohon sagu yang secara alami tumbuh. Awalnya, muncul di perkampungan Kuko, hulu Sungai Konaweha yang kini bernama Latoma Tuma. Suku Tolaki menyebutnya sowurere, artinya kampung yang ditumbuhi ribuan pohon sagu. Meskipun demikian, ada juga yang mengatakan pohon sagu berasal dari Maluku. 

Baca Juga: Penjualan Pertalite Akan Dibatasi, Ayo Daftar QR Code Di Subsiditepat.mypertamina.id

Sinonggi merupakan makanan yang serupa dengan papeda. Namun yang membedakannya adalah dari segi penyajiannya. Jika papeda biasanya dicampurkan dengan kuah kuning atau sayuran, maka tidak dengan sinonggi. Cara memakannya lebih bebas sesuai dengan kemauan yang menyantapnya.

Dalam penyajiaannya Sinonggi diletakkan ke piring yang telah diisi kuah sayur dan ikan serta bumbu lainnya dengan cara digulung menggunakan alat yang bernama Posonggi. Nah, gulungan sinonggi di piring kemudian dipotong-potong dan dimakan menggunakan alat serupa yang berukuran lebih kecil atau bisa juga dengan menggunakan tangan.

"Sinonggi menjadi menu favorit di Galu Resto. Pengunjung yang datang memang penasaran dengan Sinonggi yang kami sajikan," kata Rien, Penanggung Jawab Galuh Resto kepada Tim Jelajah Ekonomi Kontan, Selasa (10/9/2024). 

Menurut Rien, makanan berbahan sagu ini memang bisa ditemui di daerah lain, misalnya papeda dari Papua. "Tapi di sini namanya sinonggi, Sagu yang disirapkan air panas, yang digulung-gulung," terangnya.

Pun di Makassar ada makanan sejenis yang disebut kapurung. "Kalau kapurung itu disajikan langsung dengan kuahnya. Kalau di sini beda (sinonggi), dipisah. Nanti tamu yang racik sendiri. Jadi seperti itu," papar Rien. 

Adapun untuk ikannya menggunakan palumara, ikan laut. Sementara bumbu kuah dari palumara ini merupakan perpaduan banyak rempah seperti serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, dan sebagainya. "Bumbu dasarnya sama, hanya cara raciknya yang beda. Itu ciri khasnya kami," sebutnya.

Rien bilang, pengungjung Galu Resto bermancam-macam dari dalam kota, luar kota, bahkan luar negeri seperti Jerman. "Mereka lihat di Google. Oh ada di sini. Langsung coba ke sini," ungkapnya.

 

Baca Juga: Cara Buat & Bayar Paspor 2024 Online Di ATM BCA, Cover Paspor Baru Warna Merah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Jelajah Ekonomi Infrastruktur Berkelanjutan
Didukung oleh:
Barito Renewble
Pertamina
PLN
KB Bank
Mayapada
BNI
Rukun Raharja
Kementerian PUPR
Bank Syariah Indonesia
Bank BRI
Bank Mandiri
J Trust Bank
Official Airlines:
Barito Renewble