Tol Probolinggo-Banyuwangi Jadi Akses Masyarakat ke Ujung Timur Pulau Jawa

Jelajah Ekonomi Infrastruktur Berkelanjutan - Kontan
Ilustrasi. Proyek pembangunan jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I, seksi 2 Kraksaan-Paiton, di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (31/7/2024). Senin, 29 Juli 2024 | 12:38 WIB

Reporter: Jane Aprilyani, Nur Qolbi

Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Proyek pembangunan jalan tol sepanjang Probolinggo hingga Banyuwangi masih dalam tahap pengerjaan. Jalan tol ini merupakan ujung dari jalur jalan tol Trans Jawa.

Kalau jalan tol Probolingo-Banyuwangi nanti beroperasi, jalan tol Trans Jawa sudah tersambung penuh dari Merak sampai Banyuwangi.

Miftachul Munir, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengatakan proses pengerjaan tol Probolinggo-Banyuwangi masih dalam tahap penyelesaian.

"Nantinya jalan tol ini akan menghubungkan tiga Kabupaten meliputi Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi," ujar Miftachul kepada Kontan, Rabu (17/7).

Baca Juga: Proyek Tol Probolinggo-Banyuwangi dalam Tahap Penyelesaian, Trans Jawa Tersambung

Kehadiran infrastruktur tol ini, kata Miftachul, dapat memberikan kemudahan akses baik untuk masyarakat umum dan kelancaran pendistribusian logistik yang memicu pertumbuhan ekonomi.

Ia bilang, dibangunnya jalan tol Probolinggo-Banyuwangi ini menjadi ujung konektivitas Trans Jawa dan memiliki peran penting dalam pengembangan aktivitas pariwisata, baik di wilayah Jawa Timur maupun menuju ke Bali yang menjadi semakin cepat ditempuh menggunakan kendaraan roda empat.

Karena itu, Miftachul menyebut, masyarakat sangat antusias dan memberikan respon positif bagi kehadiran ruas tol Probolinggo - Banyuwangi.

"Karena menjadi akses penting yang berada di ujung timur Pulau Jawa. Apalagi ruas tol ini juga akan mempermudah akses menuju ke Pelabuhan Ketapang dan Pulau Bali serta beberapa tempat wisata dan industri yang dilalui oleh jalan tol ini," lanjutnya.

Untuk itu, Kementerian PUPR akan terus berkoordinasi dan bekerjasama dalam penyelesaian proyek tol Probolinggo-Banyuwangi. Hal ini dilakukan untuk mendukung terhubungnya jalan tol ini dengan titik-titik transportasi baik darat, laut, maupun udara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Jelajah Ekonomi Infrastruktur Berkelanjutan
Didukung oleh:
Barito Renewble
Pertamina
PLN
KB Bank
Mayapada
BNI
Rukun Raharja
Kementerian PUPR
Bank Syariah Indonesia
Bank BRI
Bank Mandiri
J Trust Bank
Official Airlines:
Barito Renewble