Uji Coba Dilakukan, Warga Sudah Bisa Jajal Kereta Api dari Stasiun Mangilu

Jelajah Ekonomi Infrastruktur Berkelanjutan - Kontan
Ilustrasi. Para penumpang menunggu kereta api Trans Sulawesi di Stasiun Mandai, Kabupaten Maros, Selawesi Selatan (22/08/2024). KONTAN/Hendra Suhara Kamis, 22 Agustus 2024 | 13:19 WIB

Reporter: Dendi Siswanto

Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan melakukan uji coba pengoperasian jalur Kereta Api Stasiun Garongkong menuju Stasiun Mangilu sejak 1 Agustus 2024.

Hal ini dilakukan mengingat antusias masyarakat yang tinggi untuk mencoba kereta api pertama di Sulawesi ini.

Wakil Manager Stasiun Mangilu, Panji Bintang mengatakan untuk saat ini rute Garongkong-Mangilu maupun sebaliknya hanya melayani satu kali perjalanan.

"Mulai 1 Agustus  mulai beroperasi untuk uji coba relasi Garongkong sampai Mangilu," ujar Panji kepada Tim Jelajah Infrastruktur Berkelanjutan KONTAN, Rabu (21/8).

Ia masih belum memastikan sampai kapan uji coba rute tersebut dilakukan. Namun jika selesai uji coba, ada kemungkinan akan dilakukan penambahan perjalanan.

Panji mengatakan, kebanyakan masyakat menggunakan kereta dari Stasiun Mangilu untuk tujuan berwisata.  Ia menyebut, jumlah penumpang yang berangkat dari stasiun Mangilu cukup ramai pada saat hari libur, namun tampak sepi pada saat hari kerja.

"Itu sebenarnya masyarakat banyak menggunakan untuk wisata. Ya bisa dilihat kadang ramai kadang sepi," katanya.

Baca Juga: Warga Lokal Ketiban Berkah Pembangunan Kereta Api Trans Sulawesi

Berdasarkan pantauan Tim Jelajah Infrastruktur Berkelanjutan KONTAN, memang suasana Stasiun Mangilu tampak sepi pada saat hari kerja atau weekdays. Hal ini dikarenakan belum adanya transportasi seperti bus yang langsung terintegrasi dengan Stasiun Mangilu.

"Kalau mungkin keberangkatan dari Mangilu itu antusias masyarakat sedikit berkurang. Soalnya dari sini kan mereka biasanya milih untuk PP (pulang-pergi). Kalau berangkat dari sini kan tidak bisa PP," katanya.

Sebagai informasi, untuk syarat pemesanan tiket kereta api, masyarakat dapat melakukan pembelian pada hari H keberangkatan. Loket akan dibuka pukul 06.00 WITA di semua stasiun untuk perjalanan pagi dan siang.

Penumpang diwajibkan membawa identitas diri seperti KTP, SIM atau KK. Tiket dapat dibeli pada semua stasiun termasuk tiket pulang pergi yang bisa diwakilkan bagi maksimal 3 orang (termasuk si pembeli).

Kemudian, pembayaran tiket bisa dilakukan secara tunai maupun non tunai menggunakan QRIS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Jelajah Ekonomi Infrastruktur Berkelanjutan
Didukung oleh:
Barito Renewble
Pertamina
PLN
KB Bank
Mayapada
BNI
Rukun Raharja
Kementerian PUPR
Bank Syariah Indonesia
Bank BRI
Bank Mandiri
J Trust Bank
Official Airlines:
Barito Renewble