Menara jaringan internet

Menara jaringan internet

Petugas Insanak (Internet Pedesaan Akomodasi) Bumdes Maju Bersama melakukan perawatan tower jaringan internet di Desa Sejiram, Kecamatan Tebas, Sambas, Kalimatan Barat (8/2/2023). Dengan dukungan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, kini Bumdes Maju Bersama telah mampu meningkatkan produktivitas masyarakat di lebih dari 20 desa di Kabupaten Sambas karena kemudahan layanan jaringan internet yang diupayakan secara mandiri. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)

Jaringan internet desa

Jaringan internet desa

Petugas Insanak (Internet Pedesaan Akomodasi) Bumdes Desa Sejiram melakukan pemasangan kabel jaringan internet di Desa Sejiram Kecamatan Tebas Kab. Sambas Kalimatan Barat, Rabu (8/2). Saat ini di Desa Sejiram tersedia akses internet yang merata, sebelumnya tidak terjangkau internet karena jauh dari pusat kota. Mendapat dukungan dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, Hingga kini Bumdes Maju Bersama telah mampu meningkatkan produktivitas masyarakat di lebih dari 20 desa di Kabupaten Sambas karena kemudahan layanan jaringan internet yang diupayakan secara mandiri. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)

Anjungan Desa Mandiri

Anjungan Desa Mandiri

Warga memeriksa data kependudukan dengan memamfaatkan Anjungan Desa Mandiri yang tersedia pada kantor Kepala Desa Sejiram di Kecamatan Tebas, Sambas, Kalimantan Barat (7/2/2023). Perangkat ini berfungsi untuk membantu warga desa dalam mendapatkan informasi tentang berita desa, data statistik, produk hukum, realisasi keuangan desa dan pelayanan surat menyurat di desa secara mandiri.

Voucher kuota internet

Voucher kuota internet

Warga mengisi kuota internet dengan voucher melalui aplikasi Desa Digital di Desa Sejiram, Sambas, Kalimantan Barat (8/2/2023). Saat ini di Desa Sejiram tersedia akses internet yang merata. Adanya terobosan BAKTI Kominfo membuat masyarakat Sambas yang tadinya sulit untuk mengakses internet, kini mudah dijangkau sehingga menjadikan Sejiram sebagai desa cerdas. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)

Pembelajaran dengan akses internet

Pembelajaran dengan akses internet

Para siswa dan guru mengikuti proses belajar dengan mengakses layanan internet di SDN 39 Desa Sejiram, Kecamatan Tebas, Sambas, Kalimantan Barat (8/2/2023). Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Bersama yang bergerak dalam layanan jasa internet serta dukungan dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo, para siswa SDN 39 Sejiram dapat mengakses layanan internet dalam proses pembelajaran di sekolah. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)

Pemasaran online petani jeruk

Pemasaran online petani jeruk

Petani jeruk mengamati fitur aplikasi media sosial sebagai sarana berjualan online di Desa Sejiram, Kab. Sambas, Kalimantan Barat (8/2/2023). Akses internet yang merata di Desa Sejiram dimanfaatkan para petani dan pembibitan jeruk untuk memasarkan hasil perkebunan secara online. (KONTAN/Carolus Agus Waluyo)

PHOTO STORY / TEL

Desa Sejiram yang Melek Internet

Minggu, 15 Oktober 2023

Sebagai negara kepulauan, pemerataan berbagai pembangunan selalu menjadi tantangan besar. Di era digital, tantangan itu semakin besar dengan hadirnya kebutuhan akses internet.

Bersama Bakti Kominfo, Desa Sejiram di Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat mendapat rekomendasi perusahaan telekomunikasi untuk memperluas distribusi secara legal.

Saat ini jaringan 4G sudah dapat dirasakan warga Desa Sejiram dan lebih dari 20 desa lain di Kabupaten Sambas. Adanya kerja sama yang baik dan dukungan dari berbagai pihak, Desa Sejiram telah menjadi desa percontohan desa internet.

Berkat adanya internet masuk desa, pendapatan desa, termasuk Desa Sejiram, bisa meningkat hingga Rp 50 juta-Rp 60 juta dalam satu tahun.

Pewarta Foto: Carolus Agus Waluyo
Editor: Daniel Prabowo

PHOTO STORY LAINNYA
Didukung oleh:
BRI
OJK
Barito Pacifik
Bukopin
PLN
BNI
Rukun Raharja
BSI
Cimb Niaga
Telkom
Telkom
XL Axiata
Mandiri
logo astragraphia
logo modalku
tokio marine