Wisata Hijau The Nusa Dua, Tuan Rumah G20 Indonesia

Jumat, 22 Juli 2022 | 12:01 WIB

Tahun ini Indonesia untuk pertama kalinya akan menjadi tuan rumah pertemuan presidensi G20. Forum multilateral 19 negara besar dunia ini akan diselenggarakan di kawasan The Nusa Dua Bali, November 2022. Dengan tema "Recover Together, Recover Stronger" para pemimpin negara akan membahas berbagai agenda penting untuk pemulihan perekonomian dunia, termasuk penyelesaian perang di Ukraina.

The Nusa Dua sendiri adalah kawasan yang dikelola dan dibangun Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Selama 47 tahun, perusahaan milik BUMN ini membangun sustainable tourism di The Nusa Dua dengan menggunakan teknologi dan sumber daya yang ramah lingkungan.

Di The Nusa Dua ada 14 hotel bintang 5, 4 hotel bintang 4, dan 3 luxury villas serta fasilitas MICE yang mampu menampung lebih dari 20.000 delegasi. Total di kawasan elite di ujung tenggara Pulau Bali ini ada 21 hotel dan 5.485 kamar.

Menyambut penyelenggaraan event G20 di The Nusa Dua, ITDC telah menyiapkan infrastruktur, fasilitas, serta penerapan tata kelola kawasan berbasis protokol kesehatan.
Salah satunya adalah kerjasama ITDC dan Toyota berupa EV Smart Mobility Project untuk moda transportasi rendah polusi dan ramah lingkungan.

Kendaraan listrik ini disiapkan secara khusus untuk melayani kebutuhan pengunjung di Kawasan Pariwisata The Nusa Dua. Pemanfaatan kendaraan listrik ini menjadikan The Nusa Dua sebagai kawasan percontohan Bali Energi Bersih yang menjadi program Pemerintah Provinsi Bali.

Selain itu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan ITDC juga mempersiapkan keandalan listrik untuk menuju perhelatan pertemuan Koferensi Tingkat Tinggi G20 di Nusa Dua.

PLN terus membangun ekosistem kendaraan listrik. Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau fast charging juga dikembangkan untuk menghadapi transisi energi kendaraan di Bali.

#JelajahEkonomiHijauKontan #EkonomiHijau #GreenEconomy #ITDC #PLTS #PanelSurya #EnergiBaruTerbarukan #EBT #TheNusaDua #kendaraanListrik #IndonesiaPresidensiG20

Didukung oleh:
Barito Pacifik
GSI International Tbk
Bank Bukopin
Pertamina
Widodo Makmur Perkasa
pupukkaltim
Bank Mandiri
PLN
BNI
Telkom
BRI
Bank Mandiri
Blue Bird
INPP
Tokio Marine
Hotel Santika
Canon