Berlibur ke Singkawang, Ini Destinasi Wisata yang Bisa Kamu Sambangi

Jelajah Ekonomi Infrastruktur Berkelanjutan - Kontan
Ilustrasi. Pengunjung mengamati rumah cagar budaya keluarga marga Tjhia di Singkawang Kalimantan Barat, Rabu (14/08/2024). Bangunan yang dibangun pada tahun 1902 tersebut telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota Singkawang sejak tahun 1999 dan disebut sebagai Kawasan Tradisional Rumah Keluarga Tjhia. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/14/08/2024 Kamis, 22 Agustus 2024 | 13:23 WIB

Reporter: Filemon Agung

Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Kota seribu Klenteng, Singkawang tumbuh menjadi destinasi wisata favorit di Kalimantan Barat.

Kota Singkawang yang topografinya didominasi pantai dan perbukitan menawarkan beragam destinasi wisata hingga kuliner yang memiliki cita rasa khas.

Berikut sejumlah destinasi wisata yang patut Sobat Kontan kunjungi jika sedang berlibur di Singkawang;

1. Rumah Marga Tjhia

Rumah Marga Tjhia berlokasi di kawasan Pasar Hongkong dijantung Kota Singkawang. Berdiri sejak tahun 1902, Rumah Marga Tjhia ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota Singkawang sejak 1999 silam.

Selain sebagai rumah tinggal bagi keturunan Marga Tjhia, lokasi ini juga kini menjadi salah satu destinasi wisata. Pengunjung dapat melihat langsung altar sembahyang yang terletak di bagian ruang utama.

Selain menambah wawasan sejarah, Sobat Kontan juga dapat mencicipi kuliner khas Singkawang Choi Pan atau Chai Kwe yang terletak persis disebelahnya.

Baca Juga: Singkawang, Kota Seribu Kelenteng yang Masih Membara dengan Tungku Naga

2. Vihara Tri Dharma Bumi Raya

Berdiri sejak tahun 1878, Vihara Tri Dharma Bumi Raya merupakan salah satu vihara tertua di Singkawang. Berlokasi di pusat Kota Singkawang, Sobat Kontan juga dapat menikmati beragam kuliner mulai dari jajanan hingga warung kopi dengan arsitektur khas Kota Tua di sekitar kawasan vihara.

3. Vihara Sui Kheu Thai Pak Kung

Terkenal dengan sebutan Kota Seribu Klenteng, ada banyak vihara yang dapat Sobat Kontan sambangi jika sedang berlibur ke Singkawang. Salah satunya Vihara Thai Pak Kung yang merupakan Vihara termegah di Kota Singkawang.

Terletak di Jalan Raya Kulor Kota Singkawang, Vihara ini berdiri megah dengan arsitektur menawan yang kian menambah kesan megah pada vihara ini. Berdiri sejak 2022, vihara ini menempati lahan seluas 6 hektar. Selain sebagai tempat beribadah, Vihara Thai Pak Kung juga menawarkan beragam pilihan kuliner menarik di area food court yang berlokasi di dekat area parkiran.

4. Danau Biru

Singkawang pernah dikenal sebagai salah satu wilayah penghasil emas. Kegiatan penambangan emas berlangsung selama beberapa waktu di Singkawang. Kini, aktivitas penambangan emas bukan lagi jadi andalan Singkawang, meski demikian sisa-sisa aktivitas tersebut masih dapat dilihat jika bertandang ke Singkawang.

Danau Biru merupakan danau yang terbentuk di kawasan bekas galian pertambangan di Singkawang tepatnya di Jalan Wonosari, Kelurahan Roban. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan menarik yang memanjakan mata. 

Baca Juga: Pemkot Singkawang Pastikan Akses Jalan Utama Menuju Bandara Tuntas

5. Pantai Pasir Panjang

Seperti namanya, Pantai Pasir Panjang merupakan pantai dengan bentangan garis pantai yang panjang. Berlokasi di Singkawang Selatan, Pantai Pasir Panjang memiliki butiran pasir halus dengan pemandangan yang indah. Salah satu waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah disore hari sembari menikmati matahari terbenam. Pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 25 ribu per orang.

Selain beragam destinasi di atas, masih banyak tempat menarik yang patut kamu kunjungi di Singkawang. Selain destinasi wisata alam dan budaya, Singkawang juga menawarkan banyak pilihan kuliner menarik seperti Coi Pan, seafood hingga ragam kuliner chinese food. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Jelajah Ekonomi Infrastruktur Berkelanjutan
Didukung oleh:
Barito Renewble
Pertamina
PLN
KB Bank
Mayapada
BNI
Rukun Raharja
Kementerian PUPR
Bank Syariah Indonesia
Bank BRI
Bank Mandiri
J Trust Bank
Official Airlines:
Barito Renewble