Punya Bandara Baru, Pemkot Singkawang Berharap Ekonomi Terkerek

Jelajah Ekonomi Infrastruktur Berkelanjutan - Kontan
Ilustrasi. Pemerintah Kota Singkawang berharap perekonomian daerah ikut terkerek seiring kehadiran Bandara Singkawang yang akan beroperasi minimal pada September 2024 mendatang. Senin, 19 Agustus 2024 | 07:42 WIB

Reporter: Filemon Agung

Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID-PONTIANAK. Pemerintah Kota Singkawang berharap perekonomian daerah ikut terkerek seiring kehadiran Bandara Singkawang yang akan beroperasi minimal pada September 2024 mendatang.

Pj Wali Kota Singkawang Sumastro mengatakan, Singkawang saat ini menjadi kota destinasi wisata di Kalimantan Barat. 

"Kita mempunyai pandangan bahwa daerah tujuan wisata ini mesti diperkuat dengan kemudahannya. Bandara ini kita yakini sebagai faktor untuk meningkatkan konektivitas, aksesibilitas," ujar Sumastro dalam wawancara dengan Tim Jelajah Infrastruktur Berkelanjutan Kontan.

Sumastro melanjutkan, selama ini aksesibilitas ke Singkawang harus mengandalkan jalur darat dengan jarak tempuh yang lebih lama.

Baca Juga: Sosok para Konglomerat di Balik Pembangunan Bandara Singkawang

Ia berharap akan ada penerbangan dari Singkawang-Jakarta dan sebaliknya serta penerbangan ke daerah lain di Indonesia. Dengan demikian, kunjungan wisatawan ke Singkawang diharapkan dapat ikut meningkat.

Sumastro menjelaskan, pasca pandemi covid-19, tingkat kunjungan wisatawan ke Singkawang pada akhir pekan menunjukan tren peningkatan. Selain tempat wisata, Singkawang menawarkan beragam festival budaya seperti Cap Go Meh, Festival Kue Bulan, Sembayang Kubur (Ceng Beng), Ramadhan Fair, Christmas Day hingga wisata kuliner.

Peningkatan kunjungan wisatawan pun diyakini akan ikut mengerek sektor lain seperti kerajinan, Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM), perhotelan, food & beverage (F&B) hingga jasa travel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

Jelajah Ekonomi Infrastruktur Berkelanjutan
Didukung oleh:
Barito Renewble
Pertamina
PLN
KB Bank
Mayapada
BNI
Rukun Raharja
Kementerian PUPR
Bank Syariah Indonesia
Bank BRI
Bank Mandiri
J Trust Bank
Official Airlines:
Barito Renewble