KONTAN.CO.ID - Keberhasilan Sharp Indonesia mempertahankan eksistensinya selama lebih dari setengah abad tidak terlepas dari dukungan dan kesetiaan para dealernya di seluruh pelosok Nusantara. Sebagai bentuk apresiasi atas usaha dan kerja keras para partnernya, Sharp Indonesia menggelar acara tahunan Sharp Dealer Convention 2024 pada tanggal 15-17 Mei 2024 lalu. Mengangkat tema “A Wonderful Journey”, Sharp mengajak para dealer melakukan napak tilas perjalanan Sharp Indonesia selama 54 tahun di Indonesia.
Bukanlah hal yang mudah bagi Sharp untuk bertahan selama lebih dari lima puluh tahun, guna meningkatkan performa bisnisnya di tahun 2024, dalam kata sambutannya, Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia memaparkan beberapa kebijakan yang akan dijalankan oleh Sharp Indonesia, yang pertama adalah tetap mengedepankan kualitas produk, kedua melengkapi jajaran produknya dengan menghadirkan produk – produk yang memiliki fitur local-fit, serta yang ketiga meningkatkan layanan purna jualnya hingga Sharp dapat mempertahankan posisinya menjadi merek elektronik pilihan masyarakat Indonesia.
“Dengan menerapkan kebijakan ini, kami yakin Sharp akan memiliki positioning yang kuat di pasar elektronik yang tentunya juga akan memberikan dampak positif bagi peningkatan usaha para partner dealer kami”, ujar Teraoka.
Saat ini Sharp memiliki 34 kantor perwakilan dengan titik layanan purna jual lebih dari 600 titik di seluruh Indonesia. Memiliki saluran distribusi yang luas menjadikan Sharp menjadi pemimpin pasar untuk beberapa kategori produknya, seperti lemari es sebesar 32.3 %, AC 22.5 %, mesin cuci 24.2 %, air purifier 37 %, Microwave 50 %, water dispenser 23 % , vacuum cleaner 42 % dan TV 13.3%.
“Kami akan terus mempertahankan posisi puncak dan berusaha meningkatkan share kami di beberapa kategori produk dengan menghadirkan produk-produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan masyarakat Indonesia,”, ungkap Andry Adi Utomo selaku National Sales Senior General Manager, PT Sharp Electronics Indonesia.
Pada kegiatan ini, Sharp Indonesia turut menghadirkan beberapa jajaran produk terbaru dari kategori Home Appliances dan Audio Video, seperti AC, mesin cuci, lemari es, LED TV, speaker active, air purifier, smartphone dan produk-produk small home appliances dimana para undangan dapat melihat dan merasakan langsung kecanggihan one –of –a kind - technology dan fitur – fitur yang di benamkan pada produk.
Para tamu undangan pun dibuat terkesima dengan kehadiran demo masak oleh chef Gunawan dari Plataran Komodo menggunakan produk air fryer untuk memasak Sei Sapi yang merupakan makanan khas Nusa Tenggara Timur.
Andry menjelaskan pada sesi talkshow jika Sharp Indonesia telah mempersiapkan beberapa strategy pemasaran, diantaranya adalah dengan memegang teguh prinsip merek Jepang yang selalu hadir dengan inovasi produk yang memiliki kualitas terbaik dan teknologi terkini serta menghadirkan beragam kampanye penjualan yang menarik dan menguntungkan bagi konsumen setianya.
Sharp Indonesia pun tetap menjalankan program Corporate Social Responsibility sebagai tanggung jawabnya kepada stakeholder dengan melakukan beragam program yang berfokus pada pelestarian dan pendidikan lingkungan, sosial dan kesehatan masyarakat.
“Kami optimis dengan strategi pemasaran yang telah kami siapkan kami dapat mencapai target penjualan sebesar 110% di tahun 2024 ini %, sebagai info di tahun 2023 lalu kami berhasil mencapai angka penjualan di angka 102%.”, ujar Andri.
Mengambil lokasi di Labuan Bajo, Sharp memiliki tujuan untuk memperkenalkan keindahan alam dan budaya Indonesia kepada lebih dari 200 dealer yang berasal dari seluruh Indonesia. “Ini adalah salah satu bentuk rasa terima kasih kami kepada Indonesia, dengan turut mempromosikan wisata, budaya dan kuliner suatu daerah di setiap acara Dealer Convention Sharp”, ujar Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia.
Pada kegiatan tahunan dealer convention kali ini, Sharp Indonesia pun menggelar night market yang melibatkan para pelaku usaha mikro kecil , dan menengah ( UMKM ) Labuan Bajo dan mendonasikan tong sampah sebanyak 20 unit untuk ditempatkan di sekitar wilayah waterfront Marina Labuan Bajo.
Program ini sejalan dengan dengan visi misi Sharp Indonesia yang turut berkontribusi dalam meningkatkan kesejahtaran masyarakat dan pelestarian lingkungan. ”Kami berharap dengan kegiatan ini Sharp Indonesia dapat membantu para pelaku UMKM memperkenalkan produk dan memajukan usaha mereka,” ucap Teraoka.
Selain di bekali informasi dan menikmati beragam hiburan, para dealer pun di ajak menikmati keindahan alam Labuan Bajo dengan mengunjungi pulau Komodo, Pink Beach dan Pulau Kenawa, serta menikmati keragaman budaya dan kuliner di kampung Melo, Manggarai Barat. Di kampung budaya ini seluruh dealer di ajak untuk mengikuti upacara adat dan menari tarian khas suku Manggarai.
Tentang PT SHARP Electronics Indonesia (SEID)
SHARP telah memulai perjalanan panjangnya di Indonesia sejak tahun 1970. Bermula dari PT Yasonta, yang didirikan pada tahun 1970 sebagai perusahaan nasional, pada tahun 1994 SHARP Corporation menjadikan PT Yasonta perusahaan patungan PMA dengan mengakuisisi PT Yasonta dan mengubah namanya menjadi PT SHARP Yasonta Indonesia (SYI). Pada tanggal 1 April 2005, PT SHARP Yasonta Antarnusa (kantor cabang SYI) bergabung menjadi satu dengan PT SHARP Yasonta Indonesia dan sejak Mei 2005 PT SHARP Yasonta Indonesia berubah nama menjadi PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) seperti yang dikenal sampai saat ini.
Saat ini, SEID memiliki 23 Kantor Cabang, 8 Sub Cabang, 47 Sharp Direct Service Station (SDSS), 364 Sharp Authorized Service Station (SASS), dan 46 Sharp Service Representative (SSR), yang tersebar di seluruh Indonesia, 1 unit SHARP Mobile Service Station (SMSS), 135 SHARP Authorized Installer Contractor (SAIC). Pada 2012 PT SEID memperoleh penghargaan dari rekor bisnis Indonesia sebagai Jaringan Service Center terbanyak.
Baca Juga: Lakukan Ekspansi Pasar Sharp Smartphone Hadir di Pulau Bali
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News