Dari Garasi di Depok, Mampu Terbang Hingga Jerman dan Belanda

IWIP Kebut Pengembangan Kawasan Industri untuk Komponen Baterai Kendaraan Listrik
Jumat, 19 Agustus 2022 | 10:30 WIB
Reporter: Adrianus Octaviano, Ridwan Nanda Mulyana Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - DEPOK. Sebuah garasi di kawasan Depok, Jawa Barat penuh dengan kain dan berbagai bagian tanaman. Seperti daun, bunga dan batang. Tampak aktivitas beberapa wanita di garasi yang terletak di samping rumah pribadi tersebut.

Itulah tempat produksi Inen Signature, yang memproduksi ecoprinting. Ini adalah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang sederhana, tapi dapat menghasilkan motif yang unik dan otentik. Tak jauh dari garasi yang merupakan proses  cetak terdapat  sebuah kios yang menjadi tempat menjahit dan penjemuran. 

Pada ecoprinting, langkah pertama adalah pembersihan kain dari kotoran. Proses ini persis seperti mencuci pakaian. Setelah itu, merendam dedaunan dalam larutan cuka bertujuan mengeluarkan zat warna daun. Kain yang sudah dibersihkan, direndam dengan larutan cuka. 

Lalu proses mordanting dan kain dibentangkan. Mulailah proses percetakan warna dan pola. Setelah itu kain dikusus dan dicuci. Bahan-bahan ecoprinting mudah didapat di lingkungan  sekitar Inen Signature. Seperti  daun singkong, daun jati dan kayu secang. 

Inen Signature merupakan salah satu pionir ecoprinting, terutama setelah mendapatkan bantuan dan pembiayaan dari perbankan seperti Bank Mandiri. 

Bank Mandiri memberikan bantuan ke Inen Signature berupa pembiayaan maupun dukungan saat mengikuti pameran baik di dalam maupun di luar negeri. Siapa sangka, dari garasi di Depok, produk Inen Signature terbang mengikuti pameran di Belanda dan Jerman.                                

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait Jelajah Ekonomi Hijau Kontan
Jumat, 19 Agustus 2022 | 10:30 WIB EKONOMI HIJAU
Jumat, 19 Agustus 2022 | 09:56 WIB EKONOMI HIJAU
Jumat, 19 Agustus 2022 | 09:44 WIB EKONOMI HIJAU
Kamis, 18 Agustus 2022 | 22:19 WIB ENERGI HIJAU
Kamis, 18 Agustus 2022 | 22:00 WIB ENERGI HIJAU
Didukung oleh:
Barito Pacifik
GSI International Tbk
Bank Bukopin
Pertamina
Widodo Makmur Perkasa
pupukkaltim
Bank Mandiri
PLN
BNI
Telkom
BRI
Bank Mandiri
Blue Bird
INPP
Tokio Marine
Hotel Santika
Canon