Dukung Wisata Hijau, PLN Bantu Skuter dan Alat Masak Listrik ke Warga Pulau Penyengat

IWIP Kebut Pengembangan Kawasan Industri untuk Komponen Baterai Kendaraan Listrik
PLN menyerahkan bantuan skuter dan alat memasak berbasis listrik kepada warga Pulau Penyengat, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, awal Juli 2022. Rabu, 06 Juli 2022 | 10:41 WIB
Reporter: Sandy Baskoro Editor: Sandy Baskoro

KONTAN.CO.ID - TANJUNGPINANG. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mendukung perkembangan pariwisata ramah lingkungan dan ekonomi kreatif warga Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. PLN menyalurkan bantuan sarana elektrifikasi berupa skuter listrik dan peralatan memasak berbasis listrik kepada warga Pulau Penyengat.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (UIWRKR), Agung Murdifi mengatakan, PLN ingin mengajak masyarakat Pulau Penyengat untuk beralih ke gaya hidup elektrifikasi guna mendukung pariwisata yang lebih ramah lingkungan.

"Melalui program PLN Peduli, kami memberikan bantuan sarana elektrifikasi berupa kendaraan listrik dan peralatan memasak berbasis listrik. Sehingga dapat menjadi magnet bagi para wisatawan, pariwisata menjadi lebih ramah lingkungan, juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar," ujar dia, dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Rabu (6/7).

Baca Juga: Dukung Wisata Hijau dan KTT G20, Blue Bird (BIRD) Siapkan Kendaraan Listrik di Bali

Bantuan PLN Peduli berupa 15 skuter listrik dan 66 peralatan memasak berbasis listrik diserahkan langsung oleh General Manager PLN UIWRKR Agung Murdifi kepada Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma, yang selanjutnya diserahkan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Penyengat.

PLN juga telah menyiapkan infrastruktur pengisian ulang Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) dan Anjungan Listrik Mandiri (ALMA). Kehadiran infrastruktur kelistrikan ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat menikmati listrik PLN.

"Infrastruktur ini untuk mendukung proses pengisian energi kendaraan listrik. Kami pasang SPLU pada dua lokasi satu di Balai Adat dan satu lagi di Kantor Lurah Penyengat. ALMA sudah dipasang di Pelabuhan Penyengat," tutur Agung.

Baca Juga: Kemenparekraf Dorong Candi Borobudur Menjadi Kawasan Wisata Hijau

Dalam acara tersebut, PLN juga menyerahkan bantuan berupa paket sembako bagi warga yang berada di Pulau Penyengat. "Semoga bantuan ini bisa membantu meringankan beban serta memberi manfaat bagi warga yang menerimanya," tambah Agung.

Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma, menyatakan program ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar Pulau Penyengat dan Kota Tanjungpinang.

"Alhamdulillah, dengan adanya program bantuan dari PLN Peduli, Tanjungpinang memiliki wisata yang bisa dikelola untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat," kata dia.

Baca Juga: Pengembangan Wisata Hijau di Indonesia: Konsep, Kriteria dan Pedomannya

Rahma berharap, bantuan PLN Peduli dapat dijaga agar memberikan nilai tambah serta meningkatkan kesejahteraan warga Pulau Penyengat. "Sebab keberhasilan sebuah bantuan terbukti dari manfaat keberlanjutan dan dampak perekonomian yang dapat dirasakan warga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Tag
Berita Terkait Jelajah Ekonomi Hijau Kontan
Jumat, 15 Desember 2023 | 10:12 WIB JELAJAH EKONOMI KONTAN
Jumat, 21 Juli 2023 | 19:32 WIB JELAJAH EKONOMI DESA
Senin, 17 Juli 2023 | 05:05 WIB JELAJAH EKONOMI DESA
Minggu, 16 Juli 2023 | 10:05 WIB JELAJAH EKONOMI DESA
Minggu, 16 Juli 2023 | 06:30 WIB JELAJAH EKONOMI DESA
Jumat, 14 Juli 2023 | 07:42 WIB JELAJAH EKONOMI DESA
Jumat, 07 Juli 2023 | 13:46 WIB JELAJAH EKONOMI DESA
Didukung oleh:
Barito Pacifik
GSI International Tbk
Bank Bukopin
Pertamina
Widodo Makmur Perkasa
pupukkaltim
Bank Mandiri
PLN
BNI
Telkom
BRI
Bank Mandiri
Blue Bird
INPP
Tokio Marine
Hotel Santika
Canon